Pasang Iklan Banner 333.000 per BULAN di blog ini Hub 081286350482 meiko7998@gmail.com Iklan Baris 300.000

Friday, June 28, 2024

Hidup Sehat Memasuki Usia 40 Tahun, Awas Banyak Penyakit Mengintai


#1:Hidup Sehat Memasuki Usia 40 Tahun, Awas Banyak Penyakit Mengintai

 

 Bandung - Usia 40 tahun adalah masa ketika banyak risiko penyakit mulai meningkat. Pada usia ini juga, laju metabolik atau pembakaran tubuh mulai menurun sehingga berat badan akan mulai sulit dijaga atau diturunkan.

Menurut keterangan dari dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc, MSc, dilaman Klik Dokter saat sudah menginjak usia 40 tahun, banyak perubahan yang akan terjadi pada tubuh.

"Itu sebabnya, pola hidup sehat usia 40 tahun perlu diketahui," jelas Adnani dicuplik Rabu, 5 Juni 2024.

Adnani menjelaskan Suka tidak suka, beragam perubahan kondisi tubuh terjadi saat memasuki usia kepala empat.

Perubahan pertama yang terjadi pada para quadragenarian (orang di usia 40-an) adalah hormon. Hormon adalah pembawa pesan kimiawi dalam tubuh yang mengatur hampir semua fungsi tubuh, dari reproduksi hingga rasa lapar.

"Khususnya pada wanita yang akan mencapai menopause (terhentinya siklus menstruasi), kadar hormon estrogen, progesteron, dan testosteron akan berfluktuasi," ungkap Adnani.

Hormon yang berfluktuasi ini akan menyebabkan rangkaian perubahan. Antara lain, menurunnya kepadatan tulang dan massa otot tanpa lemak hingga penurunan dorongan seksual dan perubahan mood.

Yang dapat dilakukan adalah jangan merasa pasrah dalam menghadapi perubahan hormon ini. Berbagilah cerita dengan kerabat atau anggota keluarga lain karena setiap orang pasti mengalaminya.

"Selain perubahan hormon, laju metabolisme tubuh juga akan melambat karena adanya penurunan hormon. Dengan adanya perlambatan ini, lemak tubuh akan mulai banyak terkumpul terlebih di sekitar pinggang," tukas Adnani.

Berdasarkan penelitian, perubahan hormon ini akan berkontribusi dalam perubahan komposisi tubuh, akumulasi lemak, dan distribusi lemak.

Tubuh pun akan lebih banyak memiliki lemak dan menumpuk di daerah tertentu pada tubuh. Yang dapat dilakukan adalah berolahraga teratur yang tidak termasuk ke dalam olahraga kompetisi.

"Setelah berusia 40 tahun, tubuh juga akan mulai kehilangan massa otot. Adanya penurunan hormon yang menyebabkan penurunan metabolisme tubuh," ungkap Adnani.

Ditambah terjadinya penurunan massa otot tanpa lemak, yang berfungsi sebagai pembakar kalori, tubuh tak bisa membakar kalori sebaik usia muda.

0 comments:

Post a Comment