Pasang Iklan Banner 333.000 per BULAN di blog ini Hub 081286350482 meiko7998@gmail.com Iklan Baris 300.000

Thursday, June 8, 2023

Survei: ChatGPT Lebih Disukai Murid dan Ortu Untuk Bimbel


#1:Survei: ChatGPT Lebih Disukai Murid dan Ortu Untuk Bimbel

 

 Jakarta -Sebuah studi yang belum lama ini dilakukan oleh Intelligent.com sebuah platform perencanaan pendidikan, mengungkapkan preferensi yang berkembang di antara siswa sekolah menengah dan perguruan tinggi untuk menggunakan ChatGPT.

Studi tersebut mensurvei 3.017 siswa dengan rentang usia 16-24 tahun dan 3.234 orangtua siswa yang berusia lebih mudah dan menjelaskan kebiasaan belajar mereka.

Meskipun hanya sebagian kecil siswa sebanyak 10% dan orangtua 15% yang dilaporkan menggunakan ChatGPT dan tutor alias guru les, namun yang mengejutkan 9 dari 10 lebih memiliki alat AI (kecerdasan Buatan).

Di mana sebanyak 95% responden mengklaim bahwa nilai mereka meningkat sejak memasukkan ChatGPT ke dalam rutinitas belajar mereka.

Studi tersebut juga mengidentifikasi matematika dan sains sebagai mata pelajaran di mana ChatGPT terbukti paling bermanfaat. Demikian tampaknya chatbot kecerdasan buatan lebih populer daripada tutor atau guru bimbel manusia.

Namun, sangat penting bagi siswa untuk memiliki latar belakang pengetahuan yang memadai untuk mendorong ChatGPT dengan tepat.

Melansir dari Ubergizmo, Jumat (2/6/2023) Diane Gayeski, dari Intelligent.com menjelaskan bahwa kemampuan AI untuk memberikan jawaban yang jelas dan ringkas untuk masalah teknis dan kompleks memainkan peran penting dalam keefektifannya.

Johnson Adegoke dari Junior perguruan tinggi yang saat ini menggunakan ChatGPT menyatakan penghargaan atas ketersediaan dan kenyamanan alat tersebut; dia memuji aksesibilitas 24/7, tanggapan langsung terhadap pertanyaan, dan kemampuan untuk belajar dengan kecepatan sendiri dan meninjau informasi sesuai kebutuhan.

Meskipun mengakui bahwa guru bimbel manusia menawarkan pengalaman unik, siswa tersebut menghargai aksesibilitas dan fleksibilitas yang disediakan oleh ChatGPT.

Siswa dan orang tua juga menyoroti kapasitas ChatGPT untuk mengidentifikasi kesalahan dengan cepat dan menyediakan lingkungan belajar yang santai dan efisien, meskipun demikian, sebagian kecil responden lebih menyukai sentuhan manusia, mengutip komunikasi tatap muka, suasana yang lebih merangsang, dan keterlibatan interaktif.

Studi tersebut menemukan bahwa 39% siswa sekolah menengah dan perguruan tinggi telah mengganti sesi les dengan ChatGPT, dan 30% orang tua telah melakukan hal yang sama untuk anak-anak mereka.

Terlepas dari temuan ini, para ahli umumnya menganjurkan untuk menggunakan ChatGPT sebagai alat pelengkap bersama tutor manusia. Tutor menawarkan manfaat tambahan, seperti mengatur waktu belajar, memberikan motivasi, mendiagnosis hambatan belajar, dan menyesuaikan penjelasan dan praktik yang sesuai.

Studi ini menyoroti tren yang berkembang dari siswa dan orang tua yang memilih ChatGPT sebagai alat yang berharga untuk dukungan akademik - meskipun mungkin tidak sepenuhnya menggantikan tutor manusia, aksesibilitas, efisiensi, dan kemampuannya untuk menangani mata pelajaran teknis menjadikannya pilihan yang sangat disukai dalam pendidikan.

0 comments:

Post a Comment